Tuesday, April 26, 2016

Publisitas



Publisitas atau Publicity adalah merupakan rangkaian usaha untuk merangsang permintaan terhadap suatu produk secara massal yang sifatnya komersial yang dilakukan dengan memperkenalkan tentang produk tersebut di media cetak dan media elektronik, maupun hasil wawancara yang yang ditampilkan dalam media tersebut. Publisitas dapat mencapai pembeli yang potensial yang tidak dapat dicapai dengan advertensi dan personal selling, sehingga cara ini sangat baik digunakan untuk memperkenalkan perusahaan atau produk yang dihasilkan. Dengan penyajian berita tersebut, perusahaan dan produknya dapat menjadi perhatian umum sehingga jangkauannya lebih luas.

Sifat Publisitas

a. Memiliki tingkat kebenaran atau tingkat kepercayaan yang tinggi, karena pemberitaan publisitas dianggap sebagai suatu yang benar dan dapat lebih dipercaya, dan sifatnya tidak bersifat memihak.
b. Tidak disadari adanya maksud promosi yang sebenarnya. Pesan yang disampaikan kepada konsumen melalui publisitas adalah biasanya dalam bentuk berita dan bukan sebagai pesan komunikasi untuk tujuan penjualan.
c. Penggambaran suatu produk lebih mudah. Seperti advertensi, maka publisitas juga mempunyai kemampuan untuk menggambarkan produk perusahaan dalam bentuk penjelasan yang bisa dipahami dengan mudah.

Publisitas adalah bagian dari bauran promosi, agar bauran promosi dapat mencapai tujuannya secara optimal, maka perlu dipertimbangkan beberapa faktor, antara lain :
a. besar jumlah biaya yang disediakan untuk kegiatan promosi
b. luasnya pasar dan konsentrasi pasar yang dituju
c. jenis dan sifat dari produk yang akan dipasarkan
d. siklus usaha atau product life cycle

 Tujuan Promosi

a. merubah tingkah laku dan pendapat konsumen mengenai barang atau jasa
b. memberitahu pasar yang dituju tentang penawaran produk
c. membujuk masyarakat konsumen, agar menyenangi dan mendorong pembelian
d. mengingatkan masyarakat konsumen akan manfaat suatu produk
e. mempertahankan merek produk perusahaan tetap dikenal

Keuntungan dari promosi secara umum adalah mempengaruhi tingkat penjualan, sehingga keuntungan yang diharapkan perusahaan dapat meningkat, sedangkan keuntungan promosi secara khusus adalah merupakan alat informai dalam memperkenalkan produk perusahaannya.

 Keuntungan Promosi

1. dapat menaikkan omzet penjualan produk
2. membentuk product motives dan patronage motives
3. meningkatkan nama barang-barang perusahaan menjadi terkenal
4. meningkatkan keuntungan atau laba perusahaan

Publicity is giving someone a reason to talk about you
Publisitas

No comments:

Post a Comment